Senin, 17 Desember 2012

Trik Sulap Angka: Menjumlah Cepat Seperti Joe Sandy

Pernah menonton acara sulap “The Master”? Kalau pernah, Anda pasti kenal dengan Joe Sandy, sang master of number. Salah satu keahlian dia adalah dia bisa melakukan perhitungan matematika dengan sangat cepat. Ternyata, dengan sedikit trik, Anda pun bisa membuat diri Anda terlihat sepintar Joe Sandy dengan melakukan permainan berikut.
Jalan Permainan

Cetak gambar di bawah ini dan berikan kepada penonton.



Minta penonton untuk memilih satu bilangan dari setiap kolom A hingga kolom E, dan menuliskan bilangan pilihannya di kotak yang disediakan.
Untuk membuat kesan permainan ini menjadi lebih sulit, Anda dapat mengatakan kepada penonton bahwa, karena ada 6 pilihan bilangan untuk setiap kolom, dan ada lima kolom, maka ada total enam pangkat lima kemungkinan atau ada 7.776 kemungkinan kombinasi bilangan yang dapat dibentuk. Jadi, tidak mungkin kita menghafalkan jumlah dari ribuan kombinasi tersebut.
Selanjutnya, mintalah penonton tersebut untuk menjumlahkan kelima bilangan tersebut dengan kalkulator, lalu tuliskan hasilnya di dalam kotak “TOTAL”.
Lalu, mintalah penonton untuk menyebutkan satu demi satu bilangan yang dia pilih dari kolom A hingga kolom E kepada Anda. Percaya atau tidak, Anda dapat memberikan hasil jumlahnya sesaat setelah penonton membacakan kelima bilangan tersebut. Anda pun akan terlihat sepandai Joe Sandy dalam menghitung. :D


Trik

Sebenarnya, Anda tidak harus menjumlahkan kelima bilangan itu untuk mendapatkan hasil jumlahnya. Anda cukup menjumlahkan angka terakhir dari kelima bilangan tersebut (menjumlahkan bilangan satuan tentu jauh lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan menjumlahkan bilangan puluhan atau ratusan). Misalkan Anda mendapatkan hasil penjumlahan 28. Selanjutnya, kurangi 28 dari 50 (selalu kurangi dari 50!), Anda akan mendapatkan hasil 22 (50 – 28 = 22). Letakkan 22 di depan 28, dan Anda akan mendapatkan hasil penjumlahan kelima bilangan tersebut, yaitu 2228.
Percayalah, untuk kombinasi angka-angka di atas, cara ini selalu berhasil.
Sebagai variasi, Anda dapat mengatakan kepada penonton bahwa Anda sudah menghafal setiap bilangan yang ada di setiap kolom, dan penonton cukup menyebutkan angka terakhir dari setiap bilangan di kolom A hingga kolom E. Lalu, berikan hasil jumlahnya kepada mereka dengan cepat, dan buat mereka terkejut. :D


Contoh

Penonton memilih bilangan 168 dari kolom A, 147 dari kolom B, 87 dari kolom C, 674 dari kolom D, dan 657 dari kolom E.
Jumlah kelima bilangan tersebut adalah 168 + 147 + 87 + 674 + 657 = 1.733.
Dengan menggunakan trik di atas, Anda cukup menjumlahkan angka terakhir dari kelima bilangan di atas, yaitu 8 + 7 + 7 + 4 + 7 = 33. Lalu kurangi 33 dari 50, menghasilkan 50 – 33 = 17. Sandingkan kedua bilangan tersebut, menghasilkan 1733, yang merupakan jumlah dari kelima bilangan tersebut.
Selamat membuat keajaiban. :D

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar